14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Bank Indonesia Dukung Smart City dengan Elektronifikasi

Konsep smart city yang bertujuan memudahkan segala aspek kehidupan penduduknya mendapat banyak dukungan dari berbagai instansi. Salah satunya adalah Bank Indonesia sebagai bank sentral negara. Bank Indonesia mendukung konsep kota pintar ini, salah satunya dengan siap menyelenggarakan elektronifikasi. Sehingga penduduk atau masyarakat nantinya tidak perlu membawa uang banyak untuk bertransaksi apapun.

Menurut Apep, perwakilan dari Bank Indonesia yang hadir saat konferensi Smart Economy di ICE, BSD, Tangerang Selatan pada tanggal 18 September, BI telah mempunyai program tersendiri. Salah satunya dengan menyediakan dan mengelola media multi fungsi. Media multi fungsi ini berupa kartu pintar yang bisa terkoneksi dan menyimpan berbagai data.

“Media multi fungsi dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengakses layanan publik di Jakarta dan juga sebagai sarana penerapan kebijakan atau program pemerintah,” ujar Apep. Kartu multi fungsi ini rencananya akan berfungsi sebagai 3 sarana, yaitu sebagai media identitas, media transaksi dan bisa juga dijadikan rekening untuk menabung. Sebagai media identitas, kartu ini akan terkoneksi menyimpan data nomor KTP atau bisa juga dipakaikan nomor unik khusus.

“Untuk media pembayaran, kartu ini bisa untuk melakukan pembayaran transportasi, barang atau jasa, public utilities dan sebagainya. Juga bisa sebagai media untuk pembayaran bantuan sosial,” jelas Apep. Sehingga para penduduk tidak perlu repot lagi menyimpan dokumen fisik yang sewaktu-waktu bisa hilang atau rusak. Hal ini karena di media multi fungsi itu terdapat chip yang akan terintegrasi dengan data-data dari pemegang kartu tersebut.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,smart city,Bank Indonesia,kartu multi fungsi,event Tangerang,pameran properti 2017