14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Bersama C-Gen Mengasah Pemuda Menuju Kota Cerdas

Sumberdaya manusia menjadi salah satu faktor penting penunjang terwujudnya Smart City atau Kota Cerdas. Perlu investasi berupa pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia terutama para pemuda. Indonesia saat ini mendapat satu kelebihan demografi dengan komposisi penduduk usia muda mencapai lebih dari separuh penduduknya. Bisa dibilang ini berkah lantaran masa depan ditentukan oleh kekuatan anak-anak muda hingga perlu persiapan dan peningkatan kualitas serta karakter mereka.

"Ini merupakan tantangan sekaligus harapan besar untuk Indonesia menjadi lebih baik. Ada jutaan anak muda yang harus dipersiapkan masa depannya agar bisa menjadi insan muda yang bermanfaat bagi bangsa," Kata pembina C-Gen sekaligus ketua Forum Prakarsa Smart City Suhono Harso Supangkat dalam C-GEN Festival 2017, yang merupakan rangkaian pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (23/9).

Ia berpesan anak muda saat ini menghadapi tantangan berat sehingga harus lebih kreatif. Dalam hal mencari lapangan kerja pun harus diperhatikan mencari bidang yang tidak bisa diotomatisasikan.

Dengan sistem serba terkomputerisasi saat ini banyak tenaga kerja yang tergantikan. Misalnya bila sistem pembayaran tol secara elektronik berlaku maka ada 20000 pegawai yang berhenti bekerja. Begitu juga dengan pegawai bank, maupun penjaga toko.

C-gen Festival merupakan salah satu acara tahunan terbesar untuk C-gen Indonesia. Tujuan utama C-gen Festival adalah untuk membentuk C-gen managemen yang mewakili berbagai wilayah di Indonesia. C-gen Indonesia berharap bahwa dengan adanya C-gen manajemen di berbagai wilayah di Indonesia, maka tujuan C-gen membentuk komunitas berbasis anak muda dapat terwujud. Dengan adanya komunitas ini tentunya dapat menjadi media anak muda untuk menyebarkan informasi dan aktivitas positif.

Salah satu agenda penting dari C-gen festival yaitu C-gen manajemen harus dapat membentuk tim role model. Tim role model adalah generasi muda yang memiliki nilai-nilai 4C yakni Connected, Character, Creative, dan Collaborative. Dengan dibentuknya Role Model tersebut diharapkan mampu menyebarkan hal positif kepada generasi muda lainnya melalui berkreasi bersama dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan potensi kota dalam bidang seni, budaya dan pariwisata dengan bakat-bakat yang dimilikinya. Sehingga akan terbentuk identitas kota dan membawa perubahan bagi kotanya menuju kota cerdas.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,event Tangerang,pameran properti Indonesia,smart city