14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Bina Marga Siap Dukung Program Smart Infrastructure

Membangun jaringan kota pintar memerlukan dukungan dan koordinasi yang solid dari semua lembaga pemerintah dan industri yang terkait. Salah satunya adalah sektor infrastruktur yang menjadi pilar penting dari suatu tatanan kota. Salah satu pengelola infrastruktur, dalam hal ini Direktorat Bina Marga, juga sudah siap memberikan dukungan untuk mewujudkan konsep smart city.

Dalam hal ini, Direktorat Bina Marga membahas mengenai kebijakan pembayaran menggunakan transaksi non tunai alias elektronifikasi. Sistem pembayaran yang juga menjadi bagian dari smart city ini akan diterapkan resmi per Oktober 2017 mendatang. Tapi menyikapi hal-hal yang akan terjadi, Bina Marga pun sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap masalah di lapangan.

Seperti yang dikemukakan Rahmat Arief dari Direktorat Bina Marga dalam konferensi Smart Infrastucture di Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE, BSD, Tangerang, 18 September. Ia mengungkapkan bahwa akan berusaha memperbanyak fasilitas-fasilitas top up untuk uang elektronik. Seperti di tempat-tempat istirahat (rest area) di dalam ruas tol. Ini agar orang semakin mudah melakukan top up uang elektronik.

Selain itu ia juga menyiapkan fasilitas kartu uang elektronik menjelang gerbang tol dengan nominal berkisar Rp 100 ribu. “Karena kita membayangkan, di hari pertama penerapan pembayaran non tunai pasti sedikit banyak akan bermasalah,” jelas Rahmat. Ia juga akan memaksimalkan pemakaian chip pada alat pembayaran agar transaksi tol berjalan lebih lancar.

Tags: IFC & REI MEga Expo 2017,Indonesia Future City,Smart Infrastucture,Bina Marga,event Tangerang,pameran properti Indonesia