14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Ecopolis Janjikan Hunian Sedekat Alam

Hunian dengan konsep ramah lingkungan (green property) masih menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum urban. Alasan merosotnya daya dukung lingkungan saat ini menjadi nilai tambah yang ditawaran para pengembang. Demikian juga yang ditawarkan pengembang Citra Raya, anak usaha Ciputra saat memasarkan EcoHome Residence yang termasuk dalam kawasan Ecopolis Citra Raya, Tangerang.

Ecopolis sendiri merupakan area komersial yang merupakan kerjasama Ciputra Grup dengan Mitsui Fudosan. Kini setelah melengkapi kawasan Ecopolis dengan fasilitas Ecoplaza yang dihuni tenant-tenant seperti Farmer Market, Stabucks, CGV Cinemas. Kini Ecopolis mengembangkan kawasan itu dengan Ecohome Residence dan Ecohome Apartement hingga cluster Ecohome.

Yang menarik dari konsep hunian Ecohome adalah upaya untuk mengintegrasi hunian dengan konsep ramah lingkungan. Sebut saja Ecohome Residence yang menawarkan hunian dengan konsep pendekatan ramah lingkungan. Dimana limbah rumah tangga dan septic tank dikelola dengan pola daur ulang  melalui Sewage Treatment Palant (STP) atau instalasi sistem pengelolaan limbah. Sehingga air bekas limbah rumah tangga dan septic tank yang dibuang ke lingkungan telah memenuhi ketentuan yang disyaratkan. STP ini adalah sistem yang biasa diterapkan di lingkungan gedung dan apartemen. "Tetapi di Ecohome Residence yang notabene rumah tapak juga diterapkan pola ini," ujar Fifi salah satu saler marketing Ecohome Resident.

Dari limbah septic tank dan rumah tangga maupun dikelola menjadi pupuk, yang hasil pupuknya akan digunakan untuk memupuk lanskap yang ada di sekitar kawasan. Untuk pengelolaan sampah ini Ecopolis menyediakan 1 hektar lahan, dimana kapasitasnya mampu mengelola sampah organik dan limbah rumah tangga mencapai 40 ton perbulan.

Selain pengelolaan limbah hunian ini juga memasang pemanas air dengan solar cell sehingga lebih ramah lingkungan.Serta pembuatan biopori yang mencapai 7000 di seluruh kawasan Ecopolis. Disamping juga mengembangkan konsep kehidupan yang ramah lingkungan dengan pembentukan komunitas berkebun, ecobike dan ecoculture.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017, Indonesia Future City,hunian ramah lingkungan,Ecopolis Citra Raya,pameran properti Indonesia