14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Ini Dia 6 Indikator Smart City

Mewujudkan smart city atau kota pintas tentu tidak semudah pengucapannya. Konsep smart harus diimplementasikan ke berbagai kalangan dalam kota tersebut. Meski begitu, ada beberapa indikator yang bisa dijadikan patokan apakah kota tersebut sudah termasuk smart city atau belum. Seperti yang dipresentasikan Ignez, anggota REI (Real Estate Indonesia) dalam konferensi di Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017, yang diselenggarakan di ICE, BSD, Tangerang.

1.    Smart Economy

Smart economy menjadi indikator utama dalam sebuah kota pintar. Indikator ini meliputi semangat untuk terus berinovasi, mempunyai jiwa entrepreneur, selalu berusaha produktif dan mempunyai kemampuan untuk berubah. Karena perubahan adalah sesuatu yang mutlak dalam pasar yang makin dinamis.

2.    Smart People
Sedangkan dari sisi social and human capital, smart city mempunyai warga kota yang berkualifikasi, mempunyai kemauan untuk selalu belajar, menerima perbedaan dalam bentuk apapun, kreatif, dan selalu berpartisipasi dalam kegiatan publik. Selain itu fleksibilitas juga menjadi salah satu indikasi kuat dari masyarakat cerdas.

3.    Smart Governance
Sisi pemerintahan pun juga mempunyai kriteria indikator tersendiri. Yaitu berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, melayani publik, dan yang terpenting adalah birokrasi yang transparan dan tidak menyulitkan masyarakat. Selain itu juga mempunyai strategi dan pandangan politik yang jelas dan bermanfaat bagi khalayak.

4.    Smart Mobility
Dari sisi mobilitas, kemudahan akses untuk penduduk menjadi prioritas. Tidak hanya penduduk, namun juga memudahkan bagi pendatang atau turis asing yang berkunjung ke kota tersebut.  Selain itu, moda transportasi yang berkesinambungan, aman dan inovatif juga menjadi indikator tersendiri.

5.    Smart Environment
Dari sisi sumber daya alam, smart city harus mempunyai daya tarik pemandangan yang atraktif. Selain itu bebas dari polusi udara ataupun polusi lainnya. Dan mempunyai sumber daya alam yang berkesinambungan.

6.    Smart Living
Sisi kehidupan juga memiliki poin indikator. Yang paling penting adalah tersedianya fasilitas budaya, infrastruktur kesehatan yang memadai, fasilitas pendidikan lengkap, dan kehidupan sosial yang menyatu.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,smart city,indikator smart city,event Tangerang,pameran properti Indonesia