14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Integrasi Sistem Transportasi Menunjang Mobilitas



Kerap ditayangkan dalam film-film fiksi, bagaimana mudahnya bertransportasi di masa depan. Tidak terkena macet, tidak berpolusi, dan public transport sangat memanjakan penumpang dengan kenyamanannya. Hal ini bukanlah impian, tapi bisa diwujudkan di kota masa depan. Dan kemudahan sistem transportasi menjadi sarana yang wajib dipenuhi oleh sebuah kota masa depan.

Memaksimalkan sarana angkutan publik baik pasif maupun aktif merupakan salah satu cara meningkatkan pelayanan transportasi masa depan. Dibandingkan membangun fasilitas jalan raya agar mampu memuat lebih kendaraan pribadi, optimalisasi transportasi publik lebih mempunyai banyak manfaat.

Selain meningkatkan pendapatan lokal, dengan adanya sistem transportasi publik yang aman dan nyaman tentu bisa mengurangi kerugian akibat kemacetan. Dengan waktu lebih sedikit dihabiskan di jalan, tentu saja bisa meningkatkan produktivitas para penduduk di sebuah kota masa depan. 

Terlebih bila semua transportasi publik terintegrasi dalam satu sistem sehingga memudahkan mobilitas penduduk. Selain itu juga disediakan sarana transportasi tambahan untuk para penduduk di tiap-tiap kantong wilayah strategis yang tidak bisa dijangkau oleh sarana tansportasi publik, seperti akses menuju komplek perumahan atau akses menuju stasiun. Seperti di Jepang, untuk menjangkau alamat tertentu, disediakan sepeda yang bisa digunakan oleh siapapun setelah mereka keluar dari stasiun transportasi.

Tags: smart mobility,smart transportation,IFC & REI Megaexpo 2017