14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Kelindan Pendidikan dan Industri Real Estate

Pendidikan dan industri bak dua sisi mata uang yang saling berkaitan, berkelindan serta menunjang. Begitu pun dalam sektor industri real estate yang terus berkembang dari tahun ke tahun memerlukan penopang sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelola sektor ini dengan baik.

Sektor real estate ini secara global semakin penting bila ditilik dari sisi aset dan operasionalnya. Di skala global menurut Bloomberg (2004), real estate adalah bisnis terbesar dengan nilai aset mencapai US$50 triliun atau senilai 15 persen. Karena itulah perlu ada pendidikan yang khusus mengurus mengenai real estate.

Adalah Universitas Tarumanegara (Untar) yang menangkap peluang ini dengan menyelenggarakan pendididikan Strata 1 dan Strata 2. "Dulu awalnya pak Ciputra menawarkan ke perguruan tinggi negeri untuk membuat jurusan real estate, namun banyak yang ditolak hingga dikelola Untar," kata Tri Hartono, mantan pegawai Untar yang berjaga di booth pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 yang digelar tanggal 14-24 September 2017 di Indonesia Convention and Exhibition BSD, Tangerang, Banten, Minggu (17/9).

Tri menjelaskan pendidikan real estate di Untar berdiri sejak 1988 dalam bentuk Diploma 3 dan selanjutnya terus berkembang ke jenjang yang lebih tinggi. Program ini bertujuan menghasilkan para profesional dalam pengembangan dan pengelolaan real estate di Indonesia. Pada 1991, menyesuaikan peraturan Dikti, program Real Estate berubah nama menjadi Perencanaan Wilayah dan Kota Konsentrasi Real Estate. "Kami adalah pelopor konsentrasi Real Estate di Indonesia, imbuh Natalia, mahasiswi Untar.

Menurutnya program ini dirancang untuk menjawab kebutuhan sarjana teknik dengan keahlian khusus di beberapa bidang. Seperti Pengembangan Real Estate, manajemen dan Investasi Real Estate serta Perencanaan Kota dan Kawasan. Tertarik untuk mengetahui mengetahui lebih jauh? Silahkan mampir pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 yang digelar tanggal 14-24 September 2017 di Indonesia Convention and Exhibition BSD, Tangerang, Banten.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,pendidikan real estate,Untar,event Tangerang,pameran properti Indonesia