14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Kota Pantai Modern di Kalimantan Timur Besutan Agung Podomoro

Kelengkapan fasilitas pada sebuah kawasan menjadi pemanis hingga masyarakat tertarik untuk tinggal. PT Agung Podomoro Land, Tbk (APLN) menyadari hal itu hingga melalui anak usahanya, PT Pandega Citraniaga berani merambah Kalimantan Timur dengan mengembangkan proyek Borneo Bay City, Balikpapan.

Tak mau tanggung perancang kawasan ini adalah DP Architect firma arsitek asal Singapura. Proyek dengan luas area 8 hektar dan menelan investasi Rp2,8 triliun ini ditargetkan rampung di akhir 2018.

"Sebuah kawasan dapat berkembang bila memiliki fasilitas lengkap. Istilahnya one stop living," kata Alvin Andronicus, Assistant Vice President Marketing PT APLN dalam pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE, BSD, Tangerang.

Ia menjelaskan untuk itulah Pandega Citraniaga mengembangkan Borneo Bay City dengan konsep 5 Elements in 1, yang terdiri dari tiga mal, apartemen Borneo Bay Residence, hotel bintang lima, Nature Park, dan Gourmet Tower. Apartemen Borneo Bay Residence saat ini dua tower apartemen, yakni Tower Kertanegara Mansion dan Tower Marthapura Mansion, dan bangunan Annex yang menghubungkan kedua tower, telah selesai dibangun.

Kedua tower menyediakan 1.220 unit apartemen berbagai tipe dan ukuran; dari tipe studio, tipe 1 bedroom , tipe 2 bedroom, dan tipe 3 bedroom. Dijual dengan kisaran harga mulai Rp 900 juta per unit.

Sedangkan untuk tiga mal dalam proyek Borneo Bay City adalah Fashion Mall, Trade Mall (638 unit), dan Branded Mall. Trade Mall dipasarkan dengan harga Rp125 juta – Rp150 juta per meter persegi. Mal ini akan mengakomodasi pedagang UKM, pedagang lokal, juga mengundang pedagang kulit Cibaduyut dan pedagang batik dari Jogja.

Alvin menjelaskan, saat ini Balikpapan memiliki keterbatasan lahan, yakni hanya sekitar 12 persen saja yang dipakai buat hunian. Padahal, Balikpapan saat ini banyak didatangi oleh investor lokal maupun mancanegara.

Sehingga solusinya adalah hunian vertikal di kota yang tumbuh cepat seperti Balikpapan. Terlebih lokasi dari Borneo Bay City ini terletak di pinggir pantai Teluk Balikpapan, menghadap ke lautan Selat Makassar yang indah hingga layak disandingkan dengan kota modern di pinggir pantai di dunia atau menjadi the little Hawai from Indonesia.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,event Tangerang,pameran properti Indonesia,Agung Podomoro,little hawaii from Indonesia,Borneo Bay City