14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Kunjungan tim IFC & REI Mega Expo ke Kompas Gramedia

“Ada 3 hal yang saat ini menjadi perhatian utama dari Real Estat Indonesia (REI), yaitu program 1 juta rumah murah, membangkitkan sektor properti dan pembangunan kota di luar Jawa”. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata dalam acara kunjungan ke beberapa media di bawah payung Kompas Gramedia Jumat (25/08). Kunjungan dilakukan ke Kompas TV, Kompas.com, Harian Tribun dan Tribunnews. Kunjungan media ini merupakan upaya untuk menyamakan visi mengenai penyelenggaraan event Indonesia Future City (IFC) & REI Mega Expo 2017 kepada seluruh unit media di Kompas Gramedia.

Event ini merupakan kolaborasi antara REI dengan korporasi Kompas Gramedia (dalam hal ini Dyandra Promosindo). Event ini bertujuan menjadi ajang bertemunya seluruh pemangku kepentingan (pemerintah, pelaku usaha, komunitas, masyarakat) dalam pembangunan perkotaan di Indonesia. Di event ini, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) juga akan menggelar Rakernis bersamaan dengan penyelenggaraan Rakernas REI.

Ketua Umum REI, yang akrab dipanggil Pak Eman menambahkan, “bersama-sama dengan Kompas Gramedia, kita bisa memberikan karya terbaik untuk bangsa ini sesuai dengan kemampuan kita di bidang masing-masing. Bagi REI, ada 2 program pemerintah yang paling krusial yang sebenarnya bisa di ambil sebagai program REI bagi negeri ini, yaitu : program 1 juta rumah murah dan program bedah rumah”.

Namun, di lapangan beberapa persoalan tetap mengemuka, misalnya soal perijinan pembangunan perumahan untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) di daerah seringkali terkendala akibat tidak samanya visi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Padahal, kesamaan visi antara pemerintah daerah dengan REI sangatlah krusial dalam pembangunan 1 juta rumah murah.

Pemerintah pusat, menurut Pak Eman, sudah berorientasi ke depan, dengan cara menyederhanakan perijinan untuk MBR (PP no. 24), namun pemerintah daerah belum se-masif pemerintah pusat dalam membantu menyelesaikan permasalahan di lapangan. REI berharap ke depannya, pemerintah menelurkan kebijakan yang tepat, yang benar-benar dibutuhkan oleh sektor properti. “Apalagi mengingat saat ini sektor riil seperti sektor retail dan sektor perumahan sedang lesu-lesunya, karena uang banyak beredar di dunia ‘maya’, bukan di sektor riil”, imbuh Pak Eman. Untuk itu, REI juga mengapresiasi langkah Bank Indonesia yang mengajak REI untuk melakukan joint research membahas mengenai sektor riil ke depannya.

 

Dalam kesempatan media visit ini, Pak Eman juga menambahkan, “Kota itu bisa dibangun karena 2 hal yaitu :

-      Maturity (Kota yang sudah ‘dewasa’, kota yang terus bertumbuh seperti Jakarta)

-      Economic base (Kota yang menjadi pusat ekonomi industri, seperti Bontang, Lhokseumawe, dll)

Sementara itu Wakil Ketua Umum bidang humas dan promosi REI, Ikang Fauzi menyatakan bahwa masyarakat harus dilibatkan karena ini merupakan kepentingan dari semua komponen. Harapannya adalah semoga event ini bisa menjadi benchmark yang baru bagi sektor properti ke depannya.

Ikang Fauzi menambahkan, “mempunyai rumah yang layak, merupakan hak dasar setiap warga negara. Bila seseorang memiliki rumah yang layak dan nyaman, kualitas hidupnya juga berubah, seperti punya harapan dan rencana masa depan yang lebih baik, harga diri seseorang juga meningkat karena memiliki rumah”.

Hadir dalam kegiatan Media Visit ini :

REI : Sekjen REI Totok Lusida, Wakil Ketua Umum bidang tata ruang REI Hari Ganie, Wakil Ketua Umum Bidang Humas dan Promosi REI Ikang Fauzi, Direktur Executive REI Dhani Mutaqim, Ketua DPD Gorontalo Arifin Djakani.

Dyandra Promosindo hadir : Project Manager Novit Cahyani

KG Advertising : General Manager KG Advertising Fitricia Juanita, Stella Soedibjo dan Prisanty Hardick serta Superintendent KG Advertising Monica Tinambunan.

Tim IFC & REI Mega Exp 2017 diterima oleh Yogi Arief Nugraha Wakil Pemred Kompas TV dan Bima Producer Kompas Bisnis di Kompas TV.

Di kompas.com diterima oleh Redaktur Pelaksana Kompas.com Amir Sodikin.

Di Tribun dan tribunnews diterima oleh News Manager Warta Kota Tri Broto dan Jurnalis Tribun Ade Maryasanto.

 

(Viliny Lesmana)

Tags: Kunjunga media