14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Mencari Taman Kota yang Ideal



Taman memiliki banyak fungsi. Antara lain fungsi untuk kesehatan karena tanaman di sana menghasilkan senyawa penting untuk pernapasan. Fungsi untuk keindahan yang dapat memberikan rasa tenang, nyaman, dan menyejukkan setelah mengalami kesibukan. Fungsi sebagai penyaring debu yang dilakukan pepohonan dan tanaman didalamnya. Fungsi sebagai pelestari ekosistem dengan mengundang serangga atau burung yang dapat membantu proses perkembangbiakan tanaman.

Kebutuhan akan taman di daerah perkotaan pada hakekatnya amat sangat penting. Bahkan keberadaannya sulit diperhitungkan dengan nilai ekonomi, karena taman memiliki nilai lebih yang bersifat ekologis, sosial, dan kemanusiaan. Nilai terhadap rasa keindahan dan rasa kepuasan batin bagi pengunjung taman sulit untuk diukur secara matematik. Termasuk juga di dalamnya aspek psikologis yang tidak mungkin diuraikan dengan menggunakan standar materi.

Karena fungsinya yang vital maka sudah seharusnya taman-taman hadir di daerah perkotaan. Pada umumnya standar luasan taman di kota bervariasi tergantung dari kondisi dalam kota itu sendiri. Besaran taman secara fisik sangat dipengaruhi oleh topografi, luasan area kota, jumlah penduduk, kebiasaan sosial masyarakat, dan kebijakan pemerintah setempat.

Ada yang berpendapat standar luas dari taman yang harus dibangun di sebuah kota adalah 7 – 11,5 m2 per orang, ada juga yang berdasar pada luas dan jarak jangkauan dari tempat tinggal. Taman kecil seluas kurang dari 2 Ha dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari perumahan. Taman menengah seluas 20 ha berjarak 1,5 km dari perumahan, dan taman besar minimal 60 ha dengan jarak 8 km dari perumahan.

Selanjutnya kota harus menentukan taman seperti apa yang harus dibangun. Hal ini lagi-lagi harus disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat dan kebijakan pemerintah setempat. Jenis-jenis taman kota kemudian dibedakan berdasarkan aktifitasnya.

Dimulai dari taman untuk rekreasi aktif. Yaitu taman yang didalamnya dibangun sarana untuk para pemakai taman berkegiatan, sehingga pemakai taman secara aktif menggunakan fasilitas didalamnya, dan sekaligus memperoleh kesenangan, kesegaran, serta kebugaran. Misalnya taman olah raga, aerobic, fitness, camping ground, taman bermain anak, taman pramuka, taman jalur jalan, kebun binatang, danau, pemancingan taman-taman kota dan sebagainya.

Berikutnya taman untuk rekreasi pasif. Yaitu taman yang dirancang untuk dinikmati keindahan dan kerindangannya tanpa pengunjung mengadakan aktivitas kegiatan apapun. Taman-tama seperti ini misalnya seperti waduk, hutan buatan, penghijauan tepi kali, jalur hijau, lapangan terbang, dan lainnya.

Lalu yang terakhir adalah jenis taman gabungan untuk rekreasi aktif dan pasif. Di taman jenis ini selain pengunjung bisa menikmati keindahan, sekaligus ada fungsi lain dan dapat digunakan untuk mengadakan aktivitas. Contoh yang umum adalah taman lingkungan atau community park. Yaitu taman yang dibuat dan merupakan bagian dari suatu pemukiman, selain rumah ibadah, pasar, sekolah, dan lain-lainnya

 

Taman-taman Kota Ideal

1.   Taman Bungkul – Surabaya
Adalah taman kota yang menyabet gelar Asian Townscape Sector Award tahun 2013 sebagai Taman Terbaik se-Asia dari PBB. Dengan penataan memperbanyak rumpun bunga, pepohonan rindang, sarana olahraga, plus fasilitas penunjang lain membuatnya sangat cocok untuk piknik atau sekedar bersantai dengan keluarga.

2.  Taman Kota Batu – Batu

Taman yang juga merupakan alun-alun kota Batu ini adalah landmark kota yang  memiliki konsep sangat unik. Misalnya ruang informasi berbentuk buah-buahan, begitu pula dengan toilet yang berbentuk apel. Selain itu taman dilengkapi pula dengan taman bermain untuk anak-anak, lengkap dengan wahana Bianglala.

3.  Taman Juanda – Bandung

Taman sekaligus kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dan hutan tanaman. Terletak di kawasan Dago Pakar dan menempati lahan seluas hampir 600 Ha. Didalamnya terdapat sekitar 2.500 jenis tanaman dengan berbagai aneka fauna liar seperti burung jalak, musang dan tupai.

4.  Taman Bukit Bougenville – Singkawang

Disebut-sebut sebagai salah satu taman terindah di Indonesia dengan beraneka ragam bunga bougenville yang indah. Taman ini memiliki sebanyak 46 spesies bunga bougenville yang membuat taman ini berwarna-warni. Selain keindahan bunga, kawasan ini sangat sejuk dan mendapat sebutan sebagai area super sejuk.

5.  Taman Kota Pecangakan – Bali

Selain pantai yang eksotis, Bali juga memiliki salah satu taman yang terindah di Indonesia. Yang membuat taman ini unik adalah adanya kolam air mancur serta patung-patung tokoh Mahabharata di sekitarnya. Taman kota ini berada di area perkantoran dan disebut-sebut sebagai peninggalan tentara pendudukan Jepang.

6.  Taman Alam Lumbini – Brastagi

Ingin melihat dari dekat Pagoda Shwedagon di Yangoon tanpa harus berpergian jauh-jauh ke Myanmar? Itu bisa dilakukan di taman yang berada di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo. Taman ini sudah menjadi tempat wisata favorit para turis asing juga dengan aneka bunga yang tertata rapi dan jembatan Titi Lumbini.

7.  Taman Kota Giri Menang, Lombok Barat

Taman di Kecamatan Gerung, Lombok Barat ini menempati lahan seluas 1,5 Ha. Difasilitasi dengan fasilitas lapangan basket, taman bermain anak, lapangan voli, hingga wisata kuliner. Di tempat Tugu Giri Menang ini berdiri kecantikannya semakin yang berlipat ganda saat malam dengan paduan lampu warna-warni.

 

Tags: city garden, taman, future city