14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Mendongkrak Potensi dengan Optimalisasi Teknologi Informasi

Hidup dalam dunia masa kini tak bisa lepas dari media sosial maupun perangkat yang terkait dengan teknologi dan informasi. Namun penggunaan aplikasi dan tekhnologi yang dapat membantu pelayanan dan informasi terhadap masyarakat, tentunya diiringi dengan edukasi sumber daya manusia agar masyarakat juga cerdas dalam menggunakan kecanggihan tekhnologi yang ada alias Smart User.

"Kalau pun Smart User belum terbentuk maka perlu dilakukan pendidikan agar tercipta Smart Education," kata Adez Aulia Headmaster OLX Academy dalam C-GEN Festival 2017, yang merupakan rangkaian pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (23/9).

Menurut Adez langkah pemerintah dalam mengembangkan Kota Cerdas tak cukup sekadar mengembangkan 400 aplikasi (apps) saja. Membuat aplikasi mudah bila hanya sampai disitu, yang perlu dipikirkan adalah apakah aplikasi tersebut digunakan atau tidak.

Setidaknya ada tiga syarat agar aplikasi dapat berkembang. Pertama apakah aplikasi tersebut memberi manfaat, Kedua apakah digunakan berulang-ulang dan Ketiga penggunaannya sederhana dan mudah dilakukan.

Misalnya, aplikasi Gojek, jelas memberi manfaat, karena begitu mudah mendapatkan kendaraan yang siap mengantar kita.  Dan kita menggunakan aplikasi ini berulang-ulang. Aplikasi Gojek juga terkenal sederhana dan mudah dilakukan.

Dari hal tersebut maka yang diharapkan dari aplikasi tersebut muncul efek "kecanduan" untuk kembali menggunakan aplikasi itu. Lalu ada viralitas, membuat aplikasi tersebut tersebar luas dan juga dari aplikasi tersebut bisa menghasilkan kekuatan jaringan.

Sebagai praktisi di bidang social media dan digital marketing, Adez sering membagikan tips kepada insan muda kreatif di Indonesia untuk dapat bersaing di industri kreatif. Menurutnya jangan malu untuk membangun reputasi di Industri Kreatif.

"Package is 5 times more valuable than the Product. Social Media muncul sebagai sarana untuk mempackage diri kita sendiri. Update status secara berkala dengan berbagai info berguna dan hentikan curhat gak jelas, yang terakhir adalah bangun relasi sebanyak mungkin, kenalan dengan banyak orang di social media lalu lanjutkan dengan bertemu dengan mereka di dunia nyata. Bantu rekan-rekan yang lebih senior dengan menjadi volunteer pada banyak kegiatan komunitas sering diadakan di sekitar kita. Bangun kepercayaan dan insya Allah karir atau bisnis kita akan berkembang”, pesan Adez.

Sebelum aktif di Social Media, Adez adalah Animator yang telah menghasilkan banyak Iklan, acara televisi hingga film layar lebar. Adez lalu menjadi seorang senior produser di Infinite Studios Batam dengan project antara lain Megacities dari National Geography Channel. Adez lalu meraih juara ke 3 di ajang Asia Animation Superpitch Contest di Singapore. Pada ajang ini ia menyisihkan finalis-finalis lainnya dari Malaysia, Singapore dan dari negara-negara lain di Asia Tenggara. Adez juga menjadi bagian dari team produksi film Animasi “Meraih Mimpi” dengan Gita Gutawa sebagai pengisi suaranya.

Pengalaman sebagai produser pada berbagai proyek animasi mengantarnya kepada pemahaman yang lebih dalam mengenai iklim bisnis kreatif di Indonesia. Pemahaman inilah yang mengantarkannya menjadi Program Manager Program Wirausaha Kreatif di IDS | International Design School. Program yang memberikan kesempatan kepada insan kreatif Indonesia untuk belajar mengangkat passion mereka menjadi bisnis yang berkelanjutan, menguntungkan dan berguna bagi sesama.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,event Tangerang,pameran properti Indonesia,teknologi dan informasi,social media