14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Meneguk Segarnya Air Olahan dari Udara

Pengelolaan air bersih menjadi salah satu hal yang penting bagi pengembangan sebuah kota masa depan (future city). Mengingat sumber daya air bersih, dalam hal ini air tawar sangat terbatas hanya ada 3 persen dari seluruh total air dibumi.

Itu pun air tawar yang ada lebih dari dua per tiga bagiannya berada dalam bentuk es di glasier dan es kutub. Air tawar yang tidak membeku dapat ditemukan terutama di dalam tanah berupa air tanah, dan hanya sebagian kecil berada di atas permukaan tanah dan di udara.

Memanfaatkan air yang berasal dari kelembaban itulah yang diusung PT Labtek Wahana Sinergi. Berbekal teknologi yang patennya berasal dari Australia dan Amerika Serikat, Labtek menghadirkan alat penghasil air tawar dari udara yakni AERO 20 dalam ajang pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 yang digelar tanggal 14-24 September 2017 di Indonesia Convention and Exhibition BSD, Tangerang, Banten.

Haus sirna begitu air hasil olahan dari kelembaban udara ini melewati mulut reporter www.indonesiafuturecity.com. Terasa segar dan berbeda dengan air mineral yang biasa kita minum. "Air ini juga memiliki kisaran ph netral, lebih baik dari air mineral yang biasa kita minum," kata Theodore Surbakti, Business Development Manajer PT Labtek Wahana Sinergi, Sabtu (15/9).

Theodore menjelaskan hanya butuh waktu delapan jam saja untuk mendapatkan air hasil olahan proses kondensasi ini sebanyak 20 liter. Tergantung pada tingkat kelembaban udara pada suatu daerah, untuk daerah tropis seperti Indonesia bisa lebih banyak air yang dihasilkan. Di negera Australia waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan air hasil kondensasi ini jauh lebih lama, untuk 20 liter air dihasilkan selama 24 jam.

Menurutnya air yang dihasilkan dari proses kondensasi lewat AERO 20 ini cukup baik dengan kisaran ph 7,6. Kualitas air hasil olahan AERO 20 cukup baik lantaran melewati serangkaian proses pemurnian dengan beragam metode. Selain menggunakan metode filtrasi, baik filter udara maupun filter sendimen dan mineral, sistem pemurnian air ini juga memakai karbon dan sistem membran. Untuk membunuh bakteri yang tidak menguntungkan manusia juga dipakai sistem sterilisasi sinar UV.

Adanya filter yang berlapis tersebut juga yang membuat kita tak perlu cemas bila kondisi udara disekeliling kita kotor. "Bila kondisinya melebihi ambang batas, secara otomatis mesin tidak akan menghasilkan air dari udara kotor," ujarnya.

Tertarik ingin mencoba segarnya air yang dihasilkan dari udara? Yuk mampir saja ke pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 yang digelar tanggal 14-24 September 2017 di Indonesia Convention and Exhibition BSD, Tangerang, Banten.  

Tags: Indonesia Future City, IFC & REI Mega Expo 2017,teknologi air tawar dari udara,water filter technology, water purification, event Tangerang