14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Menggagas terbentuknya Dewan Smart City


Gerakan mewujudkan terbentuknya kota cerdas (smart city) yang kini tengah digalang masyarakat dan pemerintah, juga tak terlepas dari gagasan membentuk Dewan Smart City (DSC). Pembentukan Dewan Smart City didorong oleh kebutuhan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan semua komponen kota dalam membangun sistem smart city di wilayahnya. Dimana smart city lebih banyak dikembangkan di lingkup wilayah kabupaten dan pemerintah kota. Sehingga dalam hal ini kendali ada ditangan bupati atau wallikota.

Hanya saja seorang walikota tidak memiliki kewenangan penuh terhadap seluruh komponen kota, dalam rangka integrasi  proses bisnis, data, aplikasi, dan insfrastruktur untuk mengintegrasikan smart city yang ada diwilayahnya.

Untuk itu perlu suatu forum koordinasi dalam bentuk dewan Smart City, yang akan mengkoordinasikan seluruh gerakan smart city. Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) menyarankan Dewan tersebut sebaiknya dipimpin walikota secara aktif . "Sebab kunci  keberhasilan program smart city adalah leadhership dan trust semua pihak di lingkungan pemerintahkan," ujar Suhano Harsosupangkat, pendiri  Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) saat saat diskusi tentang Indonesia Future City dan REI Expo 2017 di ICE BSD.

Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) juga merekomendasikan tugas dari DSC  adalah mengkoordinasikan semua komponen kota, baik pemerintah, istitusi non pemerintah maupun masyarakat. Sekaligus menyusun enterprise architecture smart city, sebagai acuan bersama untuk integrasi sistem. Baik dalam kerangka proses bisnis, data, aplikasimaupun infrastruktur. "Selain itu juga bertugas menyusun program kerja smart city, serta mengevaluasi capaian program kerja smart city," tambahnya.

Namun Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) memberi catatan bahwa Dewan Smart City tidak mengeksekusi proyek. Sebab eksekusi proyek dan pembiayaan dilakukan oleh semua komponen kota, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. masing-masing pihak juga akan menyusun rencana  kerja yang sejalan dengan program smart city yang disepakati bersama.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City\,event Tangerang,pameran properti Indonesia,smart city,Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas