14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Optimalkan Energi Terbarukan



Dalam mengusung konsep kota masa depan, tentu saja tidak terlepas dari pemakaian sumber daya energi yang efisien dan efektif. Dalam arti, sumber daya energi yang tidak dapat diperbaharui sudah harus ditinggalkan. Selain tidak efektif, juga akan mengakibatkan biaya-biaya lain yang tidak terduga akibat semakin menipisnya sumber daya energi tersebut. Sehingga sumber daya energi yang terbarukan menjadi prioritas.

Sumber daya alam seperti angin, air dan tenaga surya wajib menjadi penopang dasar semua kegiatan di kota masa depan. Pemakaian sumber daya alam seperti ini juga ramah terhadap lingkungan sehingga tidak menimbulkan polusi apapun. Dan tentu saja lebih hemat dibandingkan pemakaian sumber daya energi yang tidak terbarukan.

Sebagai contoh bisa dilihat di kota Barcelona, Spanyol, yang sudah menerapkan pemakaian energi terbarukan tersebut. Di pantal Llevant Beach, terdapat sekitar 22 unit pencahayaan yang memakai energi matahari dan angin sebagai tenaganya. Unit pencahayaan yang memakai tenaga angin bisa menyimpan energi yang cukup untuk beroperasi selama enam hari. Selain itu lampu penerangan jalan ini semuanya bisa dikontrol pemakaiannya. 

Konsep seperti ini tidak mustahil diwujudkan di Indonesia, karena beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar sudah menyiapkan sarananya. Hanya saja diperlukan dukungan dari berbagai lembaga terkait, baik dari tingkat pemerintahan dan pelaku industri yang berkepentingan. 

Tags: indonesia future city 2017,smart energy,energy saving