14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Pentingnya Merancang Future City

Dalam pengelolaan pemerintahan kota, belakangan populer istilah Smart City. Istilah smart muncul lantaran teknologi informasi ikut dilibatkan dalam pengelolaan kota. Sehingga, pemerintah kota bisa lebih cepat mendapat umpan balik terhadap layanan, situasi, dan fasilitas kota.

Dengan demikian pemerintah bisa lebih responsif melakukan perbaikan. Adanya Smart City menjadi bekal penting untuk mewujudkan Future City.   Rancangan Future City diharapkan menjadi solusi atas segalla permasalahan pada sebuah kota, seperti kepadatan penduduk kota yang terus meningkat. Berdasarkan penelitian PBB, pada 2030 diperkirakan duapertiga penduduk dunia akan tinggal di kota.

Dapat dibayangkan, bagaimana kepadatan yang akan dihadapi kota-kota di dunia, akan mengundang segudang permasalahan lainnya, seperti meningkatnya kriminalitas, polusi, kerusakan lingkungan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, diperlukan manajemen kota yang lebih baik dalam mewujudkan Smart City yang menjadi landasan awal sebuah Future City. Untuk mewujudkan rancangan yang optimal, diperlukan kolaborasi antar stakeholder, pemerintah, akademisi, swasta, dan komunitas.

Tags: merancang kota