14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

PGN Tawarkan Rumah dengan Fasilitas Jaringan Gas

Prospek bisnis realty seperti masih menjadi incaran banyak perusahaan. Sejumlah perusahaan yang core bisnisnya bukan properti pun ramai ramai menggarap ceruk usaha ini. Tak terkecuali sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebut saja PT Jasa Marga dengan anak usahanya Jasamarga Properti, Wika dengan anak usahanya Wika Realty dan Adhi Karya dengan Realty. Terbaru adalah Perusahaan Gas Negara (PGN) yang sebelumnya tak menyentuh sektor ini, kini juga ikutan menggarap sektor realty.

Melalui anak usahanya PGN Mas, perusahaan gas milik negara ini ikut cawe-cawe menggarap pasar bisnis properti. Meski terhitung masih pemula. PGN menawarkan konsep baru yakni perumahan yang terintegasi dengan penyediaan gas bumi yang ramah lingkungan dan digadang lebih murah. Selain tersedia jaringan gas perumahan yang ditawarkan juga dilengkapi fasilitas fiber optic dan under ground utilities, serta konsep rumah yang smart home.

Menggandeng Andra Matin yang merupakan 100 top arsitek ternama dunia untuk mendesainnya. PGN telah menggelar pilot project perumahahan berkonsep terintegrasi dengan jaringan gas bernama Beranda Mas, yang berlokasi di Jalan Narogong Bekasi.

Menurut Arie Kusmayadi dari PGN Mas, untuk sementara memang ini baru dibangun 100 unit dari 300 unit yang direncanakan sebagai pilot projek. Perumahan ini dibangun dengan konsep rumah tropis yang mengedepankan sirkulasi udara. Konsep ini sengaja dibuat mengingat rumah dibangun dengan dukungan gas bumi. "Sehingga jika terjadi kebocoran gas, udara bisa langsung teralir keluar," ujar Arie, Sabtu (16/9).

Rumah yang dijual dengan harga Rp619.000 untuk tipe paling kecil (64/60) dan Rp1,135 Miliar untuk tipe paling besar (116/105) dilengkapi fasilitas solar panel dengan kapasitas 1300 watt. Selain fasilitas ini menurut Arie para pembeli juga memperoleh fasilitas gas gratis selama 1 tahun, bebas iuran lingkungan selama 1 tahun dan pemasangan solar panel gratis. "Dengan solar panel ini bisa berhemat pemakaian listrik hingga 40 persen," tambah Arie.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017, Indonesia Future City, prtumahan terintegrasi gas, Perusahaan Gas Negara, event Tangerang,event properti Tangerang