14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Potrait Bandung Technopolis

Menantikan Bandung Technopolis, Portrait Future City di

ASEAN

 

Bandung sebagai ibu kota Priangan, dikenal juga sebagai kota kembang yang pada zaman dahulu kala dijuluki sebagai Parisj van Java. Kota yang sejuk ini, telah banyak melahirkan pemimpin-pemimpin kaliber dunia, tidak terkecuali tokoh-tokoh di bidang IT. Boleh jadi, karena sejarah itulah Kota Bandung kini tengah berbenah diri menjadi Kota Cerdas Masa Depan. Walikota Bandung, Ridwan Kamil beberapa waktu silam telah mempersiapkan konsep untuk Bandung sebagai future city. Bagi Ridwan Kami, Kota Cerdas adalah kota yang aman dari segala ancaman kriminal dan bencana yang berpotensial. Dengan begitu, Bandung akan menjadikan kota yang menyenangkan untuk hidup, bekerja, dan menjadi destinasi yang nyaman untuk dikunjungi. Future city berbasis Smart City akan menghasilkan semua menjadi efisien, mudah untuk dikomuteri, dan luwes untuk dikembangkan.

 

Desain Future City Bandung Technopolis

Konsep Bandung Technopolis telah dipresentasikan walikota Bandung, Ridwan Kamil kepadaPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan beberapa menteri terkait. Konsep Bandung Technopolis yang digagas Ridwan Kamil tersebut, sedianya akan berdiri di kawasan terpadu Gedebage, Bandung Timur. Ridwan Kamil menyampaikan, bahwa ke depannya Kota Bandung akan menjadi tempat yang nyaman untuk hidup, bekerja, dan menjadi destinasi yang nyaman dikunjungi, serta memiliki pemerintahan dan ruang publik yang berbasis ICT Global. Secara desain yang ditawarkan oleh Ridwan Kamil, Bandung Technopolis tersebut, nantinya akan menjadi ka-wasan Kota Cerdas, di mana pusat industri (Central Business Distric), pemukiman, ruang rekreasi publik, pusat perbelanjaan, dan pusat pendidikan berbasis IT terpusat. Sebelum memperkenalkan konsep Bandung Technopolis, Ridwan Kamil telah lebih dahulu merealisasikan konsep Bandung Smart City yang telah berjalan dilingkungan Pemerintah Kota Bandung.

"Saat ini, bahkan dari tahun 2013 lalu, saya sudah menghimbau kepada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk dapat berinteraksi dengan warga melalui media sosial. Dengan demikian, progres setiap laporan dan keluhan warga Bandung dapat langsung ditangani. Atau, setidaknya segera direspon leh SKPD terkait. Dengan begitu, saya pun dapat memantaunya melalui media sosial tersebut," pungkas Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Tags: bandung