14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Problematika Lingkungan dan Solusinya

Dari tahun ketahun kondisi lingkungan cenderung tak juga bertambah baik. Indikatornya sederhana, cuaca kini semakin panas dan iklim pun menjadi tak menentu, tak jelas lagi kapan waktu musim hujan dan musim panas.

Menurut praktisi lingkungan dan anggota Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) Maria Dian Nurani setidaknya ada empat hal yang menyebabkan permasalahan lingkungan. Pertama, sumberdaya alam yang tak dapat diperbaharui diambil secara cepat. Kedua produk sampah tidak bisa terurai secara alami berlebih jumlahnya hingga alam tak mampu mengurai. Faktor ketiga adalah kerusakan alam yang sengaja dirusak. Dan terakhir, kemampuan manusia dalam menjaga alam berkurang. Manusia memenuhi kebutuhan dasarnya dengan mengeksplotasi alam.

Saat ini kondisi alam semakin rusak dan sulit teratasi karena peraturan lebih dulu dibuat baru kemudian strategi. "Seharusnya stategi lebih dulu baru dibuat aturannya," kata Maria dalam konferensi Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE, BSD, Tangerang.

Selain itu pola pembangunan yang dikedepankan adalah pola etalase semata. Pemerintah mengedepankan pilot project semata tanpa replikasi yang diterapkan dalam kawasan massal. Misalnya dalam sistem penilaian peraih penghargaan Adipura yang dilakukan hanya pada titik tertentu saja.

Tak kalah penting juga persepsi tentang pembagian peran antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan terlalu rigid. Padahal seharusnya ketiganya melebur saling menopang untuk menciptakan lingkungan yang baik.

Ia mengusulkan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Pertama perlunya ada clarity atau kejelasan, sesuatu yang terukur. Kita hanya bisa mengatur sesuatu yang terukur. Kedua perlu ada strategi yang jelas, fokus dan ada komitmen serta mentoring untuk mengatasi hal tersebut. Terakhir perlu transformasi agar bisa berjalan sesuai dengan strategi yang ditetapkan.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,event Tangerang,pameran properti Indonesia,smart city,smart environment