14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Program Sejuta Rumah dari Pemerintah untuk Rakyat

Penyediaan perumahan bagi masyarakat kini mendapat perhatian penting dari pemerintah khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga hadir dalam pameran Indonesia Future City & REI Expo 2017 di ICE BSD. Kementerian PUPR mengusung program unggulan mereka yakni program sejuta rumah.

"Ada dua cara pemerintah dalam upaya mencapai program sejuta rumah ini yakni lewat bantuan pembiayaan dan perumahan," kata salah satu penjaga booth Kementerian PUPR yang enggan disebut namanya pada reporter indonesiafuturecity.com.

Program bantuan pembiayaan perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) berupa KPR Bersubsidi yaitu KPR Sejahtera melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), KPR Subsidi Selisih Bunga (SSB), SBUM (Subsidi Bantuan Uang Muka) dan Progam Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah (PSR).

Diluar itu ada pula skim baru yaitu program bantuan KPR Bersubsidi yakni kredit mikro perumahan yang dapat dimanfaatkan oleh pekerja berpenghasilan tidak tetap yang akan membangun rumah secara bertahap dengan pinjaman maksimal sampai 50 juta dengan jangka waktu sampai dengan 5 tahun. Saat ini program bantuan KPR Bersubsidi, banyak dimanfaatkan oleh pegawai swasta yang jumlahnya mencapai 74%. Untuk Pegawai Negeri Sipil sendiri hanya sebesar 13% karena banyak PNS yang tidak lolos BI Checking.

Sementara program bantuan rumah dilakukan lewat beberapa program yakni rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya dan bantuan prasarana umum. Capaian untuk program rumah susun sebanyak 13252 unit. Sedangkan rumah khusus adalah rumah yang dibangun pemerintah untuk masyarakat yang tinggal di tempat terpencil, perbatasan wilayah atau nelayan miskin, jumlahnya 5083 unit.

Sementara itu untuk rumah swadaya adalah program bedah rumah yang dilakukan secara berkelompok dan pemerintah membantu pendanaan maksimal Rp30 juta rupiah. Jumlah unit yang telah dibangun dari program ini adalah 108.667 unit. Terakhir program bantuan prasarana umum mencapai 14.000 unit.

Adapun capaian Program Satu Juta Rumah sampai dengan tahun 2017 telah mencapai sebanyak 581.225 unit dengan dukungan dana APBN sebesar 81% dan Non APBN sebesar 19%.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,event Tangerang,pameran properti Indonesia,Indonesia Future City,Masyarakat Berpenghasilan Rendah,KPR Sejahtera