14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

REI dan MBR


Sudah pernah dengar istilah MBR? Ini istilah baru yang sedang ramai di industri properti, loh. Istilah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Kalau dulu masyarakat yang pendapatan per bulannya di bawah Rp 5 juta bakalan susah untuk bisa beli rumah, pemerintah sekarang ini sedang membuat program kepemilikan rumah yang memungkinkan hal tersebut terjadi. 

Caranya dengan memberikan kemudahan perijinan kepada pengembang dan alokasi subsidi.

Per juli 2017, REI sudah membangun 108.000 rumah untuk program tersebut. Di wilayah DKI Jakarta sendiri sudah dibangun 14.000. Targetnya, REI bisa membangun 200.000 rumah untuk Program Sejuta Rumah bagi MBR.

Untuk mendorong kesuksesan program ini, REI sedang mengupayakan, berkoordinasi dengan Bank Indonesia untuk memperlonggar persyaratan BI checking-nya.

BI checking tersebut tidak menjadi masalah bagi karyawan swasta. Tapi, bagi PNS yang menggunakan SK, Yang menjadikan gajinya sebagai jaminan ke bank, sisa plafon kreditnya jadi kecil dan tidak layak. Padahal, punya tunjangan tetap.

Selain itu, untuk mempercepat pengembangan rumah untuk MBR ini makin cepat, PP No. 64/2016 harus seluruhnya dilaksanakan. Lalu seluruh proses perijinan properti disederhanakan.

Tags: indonesia future city,REI,perumahan rakyat,IFC & REI Megaexpo 2017