14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

REI Optimis Target Pengunjung Pameran REI Mega Expo 2017 Terpenuhi

Kendati pengunjung pameran REI Expo 2017 yang digelar di ICE Bumi Serpong Damai tak seramai yang diharapkan, namun Real Estate Indonesia (REI) mengaku tetap optimis target kunjungan peserta pameran sebesar 25.000 pengunjung akan terpenuhi hingga akhir penutupan pameran pada 24 September mendatang.

Menurut Ketua DPP REI Banten Roni Hardiriyanto Adali, dari hari ke hari animo pengunjung menunjukkan peningkatan. Ia mencontohkan jumlah pengunjung di hari pertama jumlahnya mencapai 2500 pengunjung,  pada hari kedua meningkat menjadi 3000 pengunjung. "Apalagi untuk akhir pekan diharapkan kunjungan akan lebih meningkat," ujarnya ditemui di areal pameran Indonesia Future City & REI Expo 2017 di ICE BSD.

Diakui Roni, animo pengunjung pameran kali ini agak berkurang dibanding, pameran serupa yang diadakan sebelumnya. Ia menduga kurangnya antusias pengunjung disebabkan beberapa faktor. Pertama terkait lokasi penyelenggaraan acara. Meski akui tempatnya cukup representatif dan nyaman, namun ICE merupakan gedung konvensi yang masih baru belum banyak dikenal masyarakat. Kemungkinan lainnya soal animo masyarakat yang sedang turun untuk pasar properti. Kendati data angka tabungan masyarakat di bank justru meningkat. "Mungkin mereka masih wait and see" ujarnya. Faktor lainnya kemungkinan kurang gencarnya promosi penyelenggaraan.

Menghadapi kondisi ini, ia mendengar, pihak panitia juga telah melakukan evaluasi penyelenggaraan. Saat ini sudah melakukan sejumlah upaya untuk menggenjot promosi lebih gencar.

Diantaranya dengan menggenjot kehadiran pengunjung ke arena pameran, melalui hiburan dengan menghadirkan artis-artis ternama, seperti menghadirkan Band Kahitna dan Ari Lasso di hari-hari akhir pemeran.

Roni mengungkapkan dalam pameran kali ini, transaksi yang terlihat bergeliat justru dari rumah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), jika dibanding jumlah transaksi dari rumah menengah ke atas. Di acara pameran kali ini, menurut Roni pihaknya menggandeng 34 pengembang rumah MBR. "Tapi satu pengembang biasanya membawa lebih dari satu produk," ujarnya.

Tak hanya stand dari para pengembang, mereka juga mengajak beberapa lembaga seperti Bapetarum dan BPJS Ketenagakerjaan. yang menarik program-program dukungan untuk pembelian rumah MBR. Bapetarum misal memiliki  program bantuan uang muka bagi PNS. Nilai bantuan itu untuk PNS golongan I, sebesar Rp1,2 juta, golongan II Rp1,5 juta dan golongan III Rp1,8 juta.

Program yang serupa dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan. Untuk rumah MBR BPJS memiliki program bantuan pinjaman uang muka dengan bunga rendah sekitar 6 persen. Bantuan ini di luar bantuan subsidi pemerintah sebesar Rp4 juta, yang dikelola Kementerian untuk bantuan pembelian rumah MBR.

"Ini yang belum banyak diketahui masyarakat, makanya  di acara pameran ini kami ajak mereka untuk mensosialisasikan. Di sini pengunjung juga bisa memanfaatkan program bantuan tersebut," jelas Roni.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,event Tangerang,pameran properti Indonesia,ICE BSD