14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Semen Indonesia Buka Layanan Konsultasi Bangunan Gratis di Lokasi Pameran

Apakah anda kesulitan merancang bangunan rumah, karena tak paham teknis bangunan dan desain? anda tak perlu khawatir datanglah  ke pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE BSD, Tangerang, khususnya di stand PT Semen Indonesia di sana tersedia layanan konsultasi arsitektur gratis. Di tempat ini anda bisa bertanya berbagai hal teknis tentang bangunan. Tidak hanya soal semen apa yang tepat untuk bangunan anda. Namun juga ada pelayanan soal rancang bangun dan desain bangunan, hingga soal problem-problem teknis bangunan.

Menurut Marketing Communication Officer PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Novinta Kartiningrum layanan konsultasi arsitek gratis ini disediakan untuk membantu masyarakat yang ingin berkonsultasi terkait bangunan. Layanan tersebut disediakan pada hari Sabtu dan Minggu selama pameran berlangsung. Arsitek yang membimbing konsutasi  berasal dari program "Jago Bangunan", yakni platform konsultasi melalui website yang disediakan PT Semen Gresik yang masih satu grup dengan Semen Indonesia.

Disebutkan Novinta sejak Februari 2017 lalu PT Semen Indonesia membuka layanan konsultasi gratis melalui website yang bisa digunakan para tukang untuk bertanya seputar teknis bangunan dan produk semen. "Konsultasi akan dilayani sejumlah arsitek dan teknik sipil yang sudah berpengalaman. Masyarakat bisa bertanya dan berkonsultasi seputar permasalah teknis terkait bangunan, tidak hanya soal produk semen saja," ujarnya, Sabtu (16/9).

Kini dalam event pameran tersebut PT Semen Indonesia sengaja memboyong sebagian tim dari Program Jago Bangunan untuk menyemarakan booth PT Semen Indonesia di ICE BSD, Tangerang, Jawa Barat. Keberadaan konsultasi gratis ini cukup memperoleh antusiasme masyarakat. Terlihat dari antrinya sejumlah pengunjung yang ingin ikut berkonsultasi gratis. Ari salah satu pengunjung, yang sempat ikut konsultasi itu mengaku senang adanya layanan ini. Sebab ia bisa berkonsultasi langsung untuk mengetahui desain apa yang cocok dengan kondisi tanah yang ia miliki.

Menurut Angga Adi Sasongko, salah satu arsitek yang membidani layanan ini, konsultasi ini cukup diminati pengunjung. Dari pengalamannya dibeberapa pameran serupa pengunjung selalu  tak kurang dari 18  orang per hari yang datang minta konsultasi. Rata-rata konsultasi yang diminta terkait persoalan  perhitungan atau estimasi biaya suatu bangunan, soal denah bangunan, bahkan problem teknis bangunan tertentu. "Banyak juga yang bertanya soal rehab bangunan. Misalnya ada kondisi bangunan lama, mereka ingin renovasi dengan penambahan ini-itu, lau mereka konsultasi apa yang harus dilakukan," ujarnya menjelaskan.

Pihak konsultan biasanya akan memberikan saran dan masukan tertentu atas problem yang ditanyakan pengunjunng, bahkan tak jarang mereka langsung membuatkan desain yang diminta. "Tetapi masih dalam bentuk sederhana, karena peminatnya banyak," katanya. Biasanya permintaan desain bisa ditunggu dan langsung di print ditempat, atau jika tidak akan dikirim melalui email atau WA. 

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City, konsultasi bangunan gratis,layanan konsultasi bangunan IFC