14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Singapura dalam Genggaman

Kreativitas sedang “mampir” di Singapura untuk mengelola negerinya menjadi satu semangat kebangsaan bernama Smart Nation of Singapore. Konsep ini sudah digagas sejak 2014. Bahkan program ini langsung dicanangkan oleh sang Perdana Menteri, Lee Hsien Loong.

Sebagai sebuah gagasan yang kelak akan menjadi sebuah program akbar, Loong mencoba menginisiasi. Caranya dengan memulai dari kantornya sendiri. Ia memberi nama Smart Nation Programe Office untuk menunjukkan good governance. Jika pemerintah mampu mewujudkan konsep secara realistis, maka bukan mustahil masyarakat pun mengikuti.

Secara teknis, pada tahun itu, Singapura sebenarnya sudah dilengkapi dengan infrastruktur teknologi yang menakjubkan. Hampir tidak ada persoalan yang dihadapi.

Konsep Smart Nation sendiri sangat membuka peluang pada cara hidup yang lebih cerdas, terintegrasi dan seluruh warga dapat memantaunya dalam sebuah perangkat genggam bernama smartphone. Untuk menuju ke proses tersebut, bagi Singapura jauh lebih gampang. Ini karena data base negeri ini sudah terkoleksi dan terorganisasi dengan baik.

Maka ketika di awal lahir aplikasi MyTransport SG Mobile sang developer tak terlalu sulit mengembangkan. Aplikasi ini merupakan proyek awal dari Smart Nation of Singapore. Di sini, warga dapat mencek seluruh moda transportasi bahkan masing-masing telah terintegrasi. Bagi pengendara mobil pribadi, aplikasi ini memungkinkan untuk mencek jalur ERP juga mendapatkan informasi di mana lokasi parker yang masih kosong.

 

CCTV CONNECTION

Lantaran hampir seluruh titik terekam oleh CCTV, mudah saja bagi aplikasi ini untuk menarik data secara real time. Fitur ini sangat penting untuk memantau keadaan lokasi atau jalanan. Bahkan jika Anda seorang pesepada, MyTransport memberikan semacam arahan jalur bersepeda. Warga juga dilibatkan dalam hal memberikan pelaporan melalui fitur Snap.

Perkembangan program Smart Nation terus menggelora. Di tahun 2015 sebuah aplikasi baru diluncurkan. Bertajuk OneService dalam format mobile apps. Aplikasi ini kian menunjukkan keseriusan pemerintah dalam hal informasi dan pelayanan. Dikemas dalam sistem operasi iOS dan Android, aplikasi buatan pemerintah ini mengajak warga untuk menjadi pelapor. Selain bisa mengirimkan laporan berupa teks, juga foto lengkap beserta geo-tagging-nya. Jika di Jakarta rasanya mirip dengan Qlue.

Selama 2015, program yang digulirkan kian banyak. Pertengahan tahun pemerintah membuka portal open data. Tujuan portal ini adalah untuk memberikan kemudahan akses ke layanan pemerintah dalam satu pintu. Diberi nama Data.gov.sg.

Berkat portal dengan tampilan keren ini, seluruh data statistik bisa dilihat dan selalu d-update. Pengguna juga bisa mencari informasi cukup dengan memasukkan kata kunci di tempat Search.

Fasilitas akses ke perangkat mobile tidak hanya mengandalkan jaringan seluler yang tersedia. Pemerintah punya komitmen bahwa Smart Nation hanya dapat merata bila seluruh warga dapat mengakses ke seluruh layanan aplikasi yang tersedia. Karena itu, di kawasan public dipasang hotspot Wi-Fi sebanyak 33 titik khususnya di kawasan stasiun MRT yang memang paling dibanjiri warga saban hari.

Aplikasi HealthHub diluncurkan demi memberi informasi kesehatan yang lebih mudah dan cepat. Tujuannya agar warga dapat menjalankan hidup sehat dan selalu bugar. Maka, aplikasi ini lalu diperkaya dengan beragam catatan kesehatan, glossary informasi kesehatan, tips dan trik hidup sehat dan banyak lagi.

Sebagai upaya agar warga memiliki partisipasi tinggi, mereka diming-imingi point rewards. Poin disiapkan jika mereka melakukan pendaftaran saja, hingga mereka terbukti melakukan pola hidup sehat.

 

KEAMANAN DATA

Guna menjalankan pola tersebut, pemerintah menggagas aktivitas below the line berupa tantangan berjalan. Program bertajuk The National Steps Challenge dikemas fun, jalurnya ditentukan, harapannya agar seluruh warga mulai gemar berjalan kaki. Kendati sebenarnya karakter orang Singapura juga sudah sering berjalan kaki. Namun, sentuhan yang fun tadi membuat orang berlomba-lomba mengumpulkan poin yang kelak dapat ditukar hadiah.

Tahun 2016, langkah berikutnya adalah menyiapkan antisipasi jika layanan digital penting jadi sasaran hackers. Maka pemerintah kemudian menegaskan Cyber Security Bill yang bekerja sama dengan sektor publik. Ketahanan siber tersebut penting, dan Singapura sampai hari ini termasuk negara yang memiliki daya tahan tinggi.

Negeri ini terus membangun. Hari ini Singapura berbenah menjadikan digital sebagai basis dari teknologi yang mengakomodasikan seluruh sistem dan terintegrasi. Dan negeri ini termasuk salah satu yang menghasilkan aplikasi bagi public terbanyak.

 

TOP 14 APLIKASI SMART NATION OF SINGAPORE

 

1.     Beeline (transportasi)

2.     Customs@SG (keuangan)

3.     eAppt@ICA (public)

4.     HealthPub (kesehatan)

5.     Healthy 365 (kesehatan)

6.     myENV (lingkungan)

7.     MyResponder (public)

8.     MyTransport.SG (transportasi)

9.     NLB Mobile (public)

10.  OneHMap (peta)

11.  OneService (public)

12.  SGBioAtlas (lingkungan)

13.  SG Secure (keamanan data)

14.  SingStat Mobile App (public)

 

Tags: future city,smart city, smart nation of singapore,indonesia future city