14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Smart Grid Penopang Terwujudnya Smart City

Listrik adalah penemuan terbesar dalam abad modern. Tak terbayang tanpa listrik denyut nadi sebuah kota bakal melemah dan bahkan terhenti. Begitu pun dalam mewujudkan sebuah Smart City atau Kota Cerdas listrik menjadi kebutuhan penting yang ketersediaan pasokannya wajib terpenuhi.

Pendiri Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI) Eddie Widiono menjelaskan dalam sistem kelistrikan terdapat pembangkit listrik sebagai penyedia listrik dan satu lagi sistem jaringan listrik atau transmisi (grid). "Keduanya sama pentingnya untuk dikembangkan, namun untuk menopang Kota Cerdas perlu Smart Grid," kata mantan direktur PT PLN (Persero) tahun 2002-2008 itu dalam konferensi Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE, BSD, Tangerang.

Menurutnya Smart Grid merupakan salah satu pendukung terwujudnya Kota Cerdas. Lantaran ini bukan lagi sekadar jaringan listrik biasa namun sudah menjadi perpaduan antara jaringan listrik dan teknologi informasi. Negara maju seperti Amerika, China dan negara Eropa lainnya telah menerapkan sistem ini.

Saat ini sebagai konsumen listrik, masyarakat tak memiliki banyak pilihan. Layanan yang diberikan dari PT PLN bersifat standar saja. Nah dengan menggunakan Smart Grid maka konsumen akan mendapatkan layanan lebih. Pendekatan yang diambil berupa consumer need, alias keinginan konsumen.

Pada negara maju aplikasi dari Smart Grid ini dalam bentuk Smart Meter. Yakni meteran listrik yang bukan hanya mencatat pemakaian listrik semata. Namun dengan Smart Meter ini mampu mengirimkan data setiap 15 menit ke server dari jaringan Smart Grid.

Dari data-data yang dikirimkan tersebut dapat mengetahui pola penggunaan listrik pelanggan. Hingga bagi pelanggan dapat dibuatkan layanan produk baru lainnya. Misalnya bila satu daerah terpola penggunaan listrik setiap akhir pekannya turun maka dapat dibuat produk paket penjualan listrik tertentu sesuai kebutuhan pelanggan.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,smart grid,smart city,PJCI,PLN,event Tangerang,pameran properti Indonesia