14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Smart Home, Rumah yang Memanjakan



Salah satu isu dan daya tarik bagi para pengembang perumahan adalah konsep rumah pintar (smart home). Ini karena developer perlu memberikan nilai tmbah pada produk yang mereka tawarkan. Solusi smart home terutama kelas menengah atas didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Smart Home adalah sebuah konsep sistem dimana produk teknologi canggih dapat diaplikasikan untuk membantu penghuni rumah untuk melakukan pekerjaan rumah dimanapun mereka berada. Hal ini secara dinamis sejalan dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin memudahkan manusia melakukan pekerjaan menjadi lebih efisien, efektif, cepat, dan murah.

Smart Home merupakan sistem yang diterapkan di rumah, apartemen, atau pada gedung dengan bantuan komputer. Sistem ini bermanfaat untuk memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan, dan penghematan energi yang berlangsung secara otomatis dan terprogram. Dari segi fisik dan struktur, desain pada smart home tidak terlalu berbeda dengan rumah tradisional pada umumnya. Hanya saja smart home mempunyai nilai plus yang lebih banyak.

Smart home merupakan salah satu teknologi yang bagus, karena dapat melakukan pekerjaan apapun tanpa harus merepotkan sang pemilik rumah. Sistem smart home dapat mengendalikan segala peralatan yang ada di rumah. Misalnya kita bisa memonitor keadaan rumah dari tempat kerja, bahkan dapat juga mematikan dan menghidupkan peralatan yang berada di rumah.

Pada rumah dengan lahan yang luas, smart home akan sangat terasa sekali manfaatnya. Pemilik rumah tidak perlu lagi khawatir dengan pintu yang belum terkunci, lampu yang belum dimatikan, dan lain sebagainya. Karena smart home akan melakukan itu semua secara otomatis.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ciri khas yang ingin ditunjukkan dengan kehadiran smart home ini adalah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan penghuninya. Namun, butuh biaya yang tidak sedikit untuk membuat rumah pintar seperti yang digambarkan barusan.

Alat-alat rumah tangga yang ada pada sistem smart home dikonsep terhubung dengan Internet yang dapat mengunduh informasi aktual dan lengkap, yang berguna dari pabrik pembuatnya. Dengan teknologi secanggih itu, penghuni rumah juga bisa membuat program untuk seluruh rumah dengan penggunaan yang mudah karena sistem bisa dibuat dengan sangat user friendly.

Misalkan program jika bel pintu pada smart home berbunyi, maka gambar video tamu akan segera muncul pada layar webpad. Atau program untuk seluruh rumah, mulai dari menyalakan lampu saat gelap, membuka tirai jendela saat matahari mulai terbit, membuka dan menutup pintu secara otomatis, menghidupkan dan mematikan keran, menyiram tanaman di halaman, dan lain-lain. Intinya user sangat dimudahkan dan dimanjakan dengan adanya smart home.

Sistem smart home tentu saja tidak akan bisa secerdas itu tanpa sekumpulan unsur-unsur yang saling berhubungan. Kecerdasan tersebut berasal dari integrasi sempurna berbagai perangkat dalam suatu jaringan di dalam smart home itu sendiri. Jaringan yang dipakai bisa berbasis saluran telepon, kabel-kabel, saluran nirkabel dan lain sebagainya. Yang pasti smart home kini bukan sekedar impian. Smart home canggih yang biasanya hanya kita lihat di film-film fiksi ilmiah kini sudah bisa kita hadirkan dengan teknologi yang sudah tersedia di sekitar kita.

 

Aplikasi  Konsep Smart Home

 

Sistem Keamanan

Sistem keamanan pada smart home umumnya terdiri dari CCTV dan alarm. Selain itu ada satu teknologi baru berupa text notification. Semuanya bisa saling terkoneksi dan dapat mengirimkan pesan kepada pemilik rumah lewat ponsel yang telah diatur terebih dahulu.  

Power System

Teknologi ini mengatur energi yang digunakan dalam rumah. Biasanya dipasang pada alat-alat elektronik serta lampu. teknologi ini juga memberikan informasi lewat pesan suara yang menyatakan bahwa energi yang digunakan telah sampai pada batas maksimal.

Jaringan Mutimedia

Jaringan ini merupakan perpaduan teknologi dari beberapa perangkat pintar, mulai dari TV, DVD, komputer, laptop, konsol gim dan semacamnya. Teknologi ini dapat memberi kenyamanan dan kemudahan bagi penghuni smart home dalam menikmati hiburan multimedia.

Sistem Deteksi Bahaya

Resiko rumah terkena bencana ada banyak faktor. Baik dari lingkungan atau faktor human error, seperti kebakaran, korslet, ledakan tabung gas, dan faktor lainnya. Jika kita menerapkan sistem smart home, akan terpasang teknologi pencegah terjadinya kemungkinan bahaya.

Sistem support Untuk Manula dan Disabilitas

Ke depannya smart home akan menghadirkan perangkat atau sistem yang berfungsi membantu penghuni rumah yang  memiliki keterbatasan dalam mobilitas, dan juga sistem yang berfungsi mengontrol kondisi kesehatan penghuni rumah selama 24 jam tanpa henti.

 

Tags: indonesia future city, future city, smart home