14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Smart Industry: Infrastruktur Harus Merata di Seluruh Indonesia

Berbicara tentang smart industry, sektor ini penting untuk menjaga stabilitas ekonomi. Pembangunan menjadi urat nadi dalam sektor industri. Karena tanpa tersedianya infrastruktur yang jelas, mustahil sektor industri bisa berjalan mulus. Sayangnya pembangunan belum merata di seluruh Indonesia. Hal ini tercermin dari masih berpusatnya pembangunan di pulau Jawa.

Padahal, seperti yang diungkapkan oleh perwakilan dari Kementerian Perindustrian dalam acara Indonesia Future City & REI Expo 2017 di ICE, BSD, Tangerang, 18 September, pulau Jawa sudah disesaki lebih dari 140 juta jiwa dan semakin sempit untuk menanam investasi baru. Angka tersebut membuktikan bahwa separuh penduduk Indonesia berada di pulau Jawa.

Untuk menyokong pertumbuhan populasi industri, Kementerian Perindustrian memasang target harus tumbuh 50% di luar pulau Jawa. Target ini untuk memaksimalkan pembangunan yang merata di seluruh Indonesia. Kementerian Perindsutrian berharap agar efisiensi infrastruktur, terutama di pulau Jawa lebih dipercepat.

Pemerintah pun sudah mendukung konsep smart industry ini dengan membangun infrastruktur pendukung, seperti trans Sumatera, dan trans Papua. Pembangunan jalur lintas wilayah ini juga merupakan salah satu bentuk efisiensi infrastruktur. Karena lebih efisien dalam hal waktu dan biaya, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dalam negeri.

Ini untuk menarik investor agar bisa berinvestasi di luar pulau Jawa. Karena masih banyak kawasan di luar pulau Jawa yang berpotensial untuk dijadikan kawasan industri.

Dengan luas area yang bisa mencakup hingga 2.000 hektar, kawasan industri di luar pulau Jawa bisa memunculkan sekitar 500.000 lapangan pekerjaan baru. Dengan banyaknya jumlah tenaga kerja di sektor industri, akan menjadi salah satu indikator yang baik akan status pembangunan perindustrian di Indonesia.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,smart industry,event Tangerang,pameran properti Indonesia