14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Solusi PGN Menjawab Kebutuhan Kota Cerdas

Mengulas sebuah Smart City atau Kota Cerdas bukan hanya fokus membahas kehandalan sistem teknologi dan informasi dari kota itu semata. Kota Cerdas mesti juga mampu menyelesaikan berbagai isu perkotaan, salah satunya ketersediaan energi.

Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk Danny Praditya menjelaskan isu ketahanan energi juga hal yang menarik dalam Kota Cerdas. PGN punya posisi unik lantaran sebagai Badan Usaha Milik Negara punya peran sebagai agen pembangunan yang harus menjaga ketahanan energi. Disisi lainnya PGN yang merupakan perusahaan terbuka semata juga harus terus menghasilkan bisnis baru yang menghasilkan keuntungan.

"Untuk Kota Cerdas kami beri solusi program PGN 360 Integrated Solution," kata Danny dalam konferensi Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE, BSD, Tangerang, Rabu (20/9).

Ia menjelaskan ini adalah solusi terintegrasi dari PGN untuk memberikan layanan dari hulu hingga hilir untuk menjawab kebutuhan Kota Cerdas. PGN kini tak lagi hanya berkutat mengurus gas pipa dengan pelanggan industri dan rumah tangga semata. Layanan lainnya seperti penyedia tenaga listrik maupun pengelola jaringan kini PGN garap juga.

PGN, lanjut Danny menerapkan tiga pola yakni smart energy, smart solution dan smart infrastructure untuk mendukung sebuah Kota Cerdas. Smart energy merupakan upaya PGN untuk mengelola dan memanfaatkan energi secara efektif dan effisien untuk terciptanya pertumbuhan yang berkelanjutan.

Sedangkan konsep smart solution bertujuan mengelola dan memanfaatkan sumberdaya secara efektif dan effisien untuk terciptanya pertumbuhan yang berkelanjutan. Dampak yang diharapkan dengan smart solution ini selain effisiensi juga menekan cost dan peningkatan produktifitas.

Sementara itu smart infrastructure dengan mengelola dan memanfaatkan infrasturktur secara efektif dan effisien untuk terciptanya pertumbuhan yang berkelanjutan. Caranya dengan memperkuat sistem infrastruktur gas, sistem komunikasi dan telekomunikasi serta database system.

PGN menerapkan tiga pola tersebut kepada pelanggan lewat delapan anak usahanya yang bergerak di berbagai bidang.  PGN kini tidak hanya menjual energi seperti gas bumi, tetapi juga business sustainability kepada pelanggan, yakni penyediaan jasa penunjang layanan gas, seperti listrik dari gas.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,smart energy,smart infrastructure,smart solution,event Tangerang,pameran properti Indonesia