14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Tips Membeli Properti Agar Untung

Pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE BSD, Tangerang hari Minggu (24/9) ini berakhir. Para pengunjung bisa segera menetapkan hati untuk memilih properti yang diinginkan. Namun ada beberapa saran dari para pengembang bila hendak membeli properti.

Layaknya sebuah investasi maka selain berpotensi menuai untung ada pula potensi mendapatkan kerugian. Untuk menghindari hal tersebut, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membeli properti.

Assistant Vice President Marketing PT APLN Alvin Andronicus menjelaskan pembeli harus melihat langsung lokasi properti yang dikembangkan. "Jangan cuma katanya saja, datangi langsung," katanya di Pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE BSD, Tangerang.

Sama seperti pengembang yang melakukan survai untuk mengetahui minat pembeli, begitu pula investor perlu juga melakukan survei terlebih dahulu, terutama survai harga untuk mencari harga yang nilainya wajar dengan nilai pasar.

Seringkali vendor atau pemilik properti terbuka menawarkan harga penjualan. Karena itu sebagai pembeli, Anda harus bisa menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik, terutama jika pembelian dilakukan secara tunai. Karena investasi yang Anda pilih akan mempengaruhi keuntungan yang potensial dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Alvin menyebut lokasi juga sangat penting. Lokasi yang tepat salah satu kunci penting untuk membuka pintu ketika ingin berinvestasi properti yang sukses. Jadi pastikan Anda survei dan menelusuri lokasi yang banyak diminati. Jika anggaran terbatas, ingat istilah ini “Membeli properti terburuk di wilayah terbaik bisa lebih baik daripada membeli yang terbaik di lokasi terburuk".

Pola pembiayaan juga bisa dipertimbangkan, pengembang yang memberikan lebih banyak pola pembiayaan membuat investor lebih banyak pilihan. Seperti proyek properti Agung Podomoro Land ditawarkan dengan banyak pilihan. "Bisa menggunakan angsuran selama 48 kali maupun 72 kali. Atau bila kerjasama dengan bank bisa diangsur hingga 20 tahun," ujarnya.

Tags: IFC & REI Mega Expo 2017,Indonesia Future City,event Tangerang,pameran properti Indonesia,tips untung beli properti,investasi properti