14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Transportasi Masa Depan Harus Semakin Efisien


Semakin menipisnya cadangan minyak bumi dunia tentu membawa imbas yang besar ke semua industri. Salah satunya adalah industri otomotif yang hampir semua produknya masih menggunakan bahan bakar fosil sebagai sumber energi. Perihal ini sudah tidak cocok untuk konsep masa depan, yang semuanya mengandalkan kepraktisan dan tidak mengeksploitasi alam.

Salah satunya adalah sistem transportasi pribadi seperti mobil. Untuk mendukung program ramah lingkungan, mobil-mobil sebaiknya sudah memakai tenaga listrik atau surya sebagai penggeraknya. Dimensinya pun harus kompak agar tidak banyak memakan tempat ketika digunakan atau diparkir.

Dengan sistem dan teknologi masa depan, akan semakin baik bila mobil-mobil tersebut juga terintegrasi dengan kota masa depan. Perihal paling sederhana adalah sistem navigasi yang akurat dan selalu terbarui. 

Tentu saja sistem navigasi ini masih bisa didukung dengan teknologi autonomous driving. Dengan autonomous driving dipadu sistem navigasi yang dikendalikan secara elektris, pengemudi semakin mudah untuk bertransportasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun infrastruktur juga harus mendukung, misalkan disediakan tempat pengisian listrik di setiap tempat parkir untuk mobil listrik dengan tenaga yang memadai.

Tags: smart transportation,efisien,ramah lingkungan