14 - 24 September 2017

ICE - BSD CITY

Tren Green Office Untuk Masa Depan




Contoh kantor dengan konsep desain terbaik dan terkeren di dunia saat ini adalah kantor milik perusahaan raksasa Google. Konsep open space office (ruang terbuka) dan banyaknya fasilitas yang menunjang membuat setiap karyawan Google mampu bekerja efektif. Kantor tersebut dilengkapi dengan fasilitas unik seperti salon, ruang fitness, tempat tidur siang, lapangan olahraga, cafe, dan lain sebagainya.
Tata ruang dan desain kantor adalah dua hal yang kerap membuat Google disorot. Kantornya yang futuristik bahkan menjadi tren setter untuk perusahaan-perusahaan berbasis kreativitas di dunia. Tapi bagi Google kantornya belum merepresentasikan masa depan. Malah perusahaan tersebut kini tengah mengajukan konsep baru untuk kantor masa depannya dan akan merenovasi kantor-kantornya di seluruh dunia.
Bagaimana Google merencanakan kantor masa depannya?
Google akan membangun kantor yang menyatu dengan lingkungan sekitar. Dengan konsep ini Google tidak akan membangun gedung-gedung yang padat seperti kantor pada umumnya. Konsep kantor yang dikembangkan Google ini sengaja dibuat untuk memadukan antara ruang kerja dengan lingkungan sekitar. Berbagai fasilitas seperti yang ada di ruang publik akan dihadirkan di antara gedung-gedung Google. Hal ini dimaksudkan untuk mengaburkan sekat antara ruang kerja dan lingkungan sekitar.
Konsep baru kantor Google kurang lebih sama dengan kantor yang didesain sebagai Green Office. Yaitu kantor yang didesain untuk berkolaborasi dengan alam sekitar. Tujuan desain ini agar kantor tersebut dapat berjalan seperti biasanya tanpa harus mencemari lingkungan. Contohnya menggunakan penerangan alami, ruangan yang hemat energi, pengelolaan sampah kertas, dan sebagainya.
Bayangkan betapa menyenangkan jika sebuah kantor memiliki suasana yang alami, segar, dan memiliki pendingin yang alami. Sebuah kantor di mana kita bisa melihat tumbuhan hijau yang segar. Yang jelas akan mengubah pandangan orang soal kantor yang selalu identik dengan suasana tidak menyenangkan, menjenuhkan, dan bising.
Alasan mengapa green office perlu diterapkan karena makin tingginya tingkat polusi udara akibat borosnya konsumsi energi. Menurut penelitian bangunan atau gedung menyumbang emisi CO2 terbesar dalam konsumsi energi untuk sumber daya listrik dibandingkan sektor lain, seperti transportasi dan industri.
Saat ini membangun sebuah kantor yang ramah lingkungan bukanlah suatu hal yang mustahil. Terlihat dari sudah adanya berbagai teknologi mutakhir yang mendukung keberadaan green office. Jadi, teknologi yang berkolaborasi dengan alam bukan satu angan-angan lagi, tapi konsep yang sudah bisa direalisasikan.
Beberapa syarat untuk menghadirkan konsep Green Office, yang pertama harus ada pertimbangan terhadap kesehatan dan kesejahteraan pekerja. Misalkan penerangan ruangan yang menggunakan cahaya alami untuk penghematan listrik. Syarat kedua tingginya tingkat kenyamanan meliputi visual, akustik, dan termal bagi penghuni di dalam kantor. Contohnya seperti merancang ruangan berkesan natural yang terlihat segar dan hidup, meminimalkan suara bising, serta menghindarkan titik panas dari sinar matahari langsung melalui penempatan ventilasi yang benar.
Syarat ketiga adalah desain yang bisa selalu mengikuti perubahan. Ketika ada fungsi sebuah ruangan ingin diganti, perubahan kecil saja sudah cukup. Hal ini bermanfaat untuk meminimalkan timbulnya sampah elektronik dan perabot. Serta syarat yang keempat adalah harus ada pemanfaatan teknologi terkini. Hal ini dapat mengurangi pengunaan kertas. Peralatan teknologi informasi yang tahan lama dan hemat energi memang perlu diimplementasikan.
 

Tags: kantor masa depan